Monday, August 14, 2006

Singapura, Sebuah Negara Magnet

Sebuah negara magnet yang terletak di kawasan Asia Tenggara adalah Singapura. Negara ini dijuluki sebuah negara magnet karena memiliki daya tarik yang luar biasa kepada negara-negara lain di seluruh dunia.

Walau hanya kelihatan seperti sebuah titik merah dalam peta, namun negara ini termasuk negara terunggul di Asia, sekelas dengan negara Jepang, Korea Selatan, Hongkong dan Taiwan dalam bidang kemajuan ekonomi dan juga teknologi.

Berjuta-juta wisatawan manca negara membanjiri Singapura setiap tahunnya, tak ketinggalan juga wisatawan dari Indonesia . Bahkan selama bertahun-tahun wisatawan Indonesia mempertahankan kedudukan rangking nomor satunya sebagai wisatawan terbanyak mengunjungi Singapura yang kemudian disusul oleh wisatawan dari China, Jepang dan Malaysia.

Selain itu juga, Singapura merupakan tempat terbaik dan bertaraf dunia di bidang pendidikan dan pengobatan. Ini dibuktikan dengan banyaknya pelajar asing dan pasien asing yang membanjiri negara ini setiap tahunnya.

Kita juga bisa melihat betapa megahnya Univesitas-Universitasnya seperti Univesitas National
SIngapura (NUS), Nanyang Technological University (NTU) dan juga Singapore Management University (SMU). Begitu juga dengan rumah sakit-rumah sakitnya yang serba canggih dan modern.


Semua ini tidak dapat tercapai sekiranya warga Singapura tidak bekerja keras dan berdisiplin.

Negara ini memang benar-benar mengagumkan dan bisa dijadikan contoh buat negara Indonesia agar nantinya Indonesia juga sama-sama maju kedepan sebaris dengan
Singapura dan lebih-lebih lagi Indonesia bisa menjadi sebuah negara magnet.

Jika ini bisa terbukti, tentunya pengangguran di Indonesia juga akan terkurangi jumlahnya.


Salam
Muzaliah Suradi

No comments: